Manfaat Semut Rangrang

Semut Rangrang yang memiliki nama latin Oecophylla Smaragdina adalah serangga yang masuk ke dalam ordo Hymenoptera dan family Formicidae. Semut Rangrang memiliki kemampuan yang laur biasa, yaitu mampu membuat sarang yang sangat unik di pohon terutama bagian pucuk sebagai markas utamanya. Semut rangrang memiliki senjata pertahanan sekaligus penyerangan yang sangat ampuh terhadap lawannya. Semut rangrang memiliki gigitan yang menyakitkan dan ampuh untuk mengusir musuhnya, karena racun yang dikeluarkanya mampu menyerang saraf.
Ciri-ciri fisik semut rangrang adalah memiliki tubuh besar memanjang bila dibandingkan dengan jenis semut lainnya, berwarna coklat kemerahan atau hijau. Semut rangrang adalah merupakan serangga sosial yang hidup dalam koloni. Spesies semut rangrang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Oecophylla Smaragdina yang tersebar di India, Asia Tenggara sampai Australia dan Oecophylla Longinodayang tersebar di benua Afrika.
Semut rangrang sebagai serangga sosial, segala aktivitasnya dilakukan secara bersama-sama oleh semua anggota koloni, misalnya mencari makanan, mencari tempat bersarang yang baru, penjelajahan wilayah, dan pengamanan koloni dari predator dan musuh.
Semut rangrang memiliki agresifitas yang sangat tinggi dan dikenal sebagai predator  alami yang sangat efektif membasmi hama tanaman   dan   sering  digunakan  sebagai biokontrol agen pengendali hama pada perkebunan tropis untuk meningkatkan produksi tanaman, seperti yang dilakukan petani mete di Australia dan petani kakao di Vietnam.
Pada perkembangannya, semut rangrang tidak saja digunakan sebagai pengendali hama hayati, namun meluas pemanfaatannya sebagai sumber protein dan asam lemak, terutama larva semut yang dikenal dengan istilah kroto yang dapat dimakan langsung. Sebagai contoh di beberapa negara, semut rangrang mempunyai harga sangat tinggi karena memiliki citarasa yang khas sebagai cemilan.
Harga kroto di Thailand Utara sangat tinggi, yaitu dua kali harga daging sapi yang berkualitas. di China dan India semut rangrang digunakan sebagai salah satu alat pengobatan herbal yang efektif. Sedangkan di Indonesia, kroto diburu dan dijual sebagai pakan burung ocehan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan sangat digemari burung.
Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa semut rangrang merupakan hewan yang istimewa, selain dapat dimanfaatkan secara tidak langsung terhadap kelestarian lingkungan kita sebagai predator alami, juga bermanfaat dan bernilai ekonomis sangat tinggi.